Senin, 08 Juni 2015

KEUNGGULAN LINUX UBUNTU

Beberapa Keunggulan Linux Ubuntu dibandingkan dengan linux lainnya
Gratis
Hal ini sudah menjadi ciri khas utama dari Ubuntu. Jika ada yang gratis dan memiliki kemampuan yang sama dengan sistem operasi lainnya kenapa tidak dimanfaatkan? Dengan menggunakan Ubuntu paling tidak bisa berhemat dalam situsasi dan kondisi perekonomian yang kurang kondusif saat ini.

Stabil
kestabilan linux khususnya linux ubuntu tidak bisa ditandingi oleh Windows. Saat menggunakan Windows biasanya sering mengalami yang namanya ‘hang’ yang hanya bisa diselesaikan dengan mereset komputer. Di Ubuntu hal seperti in sangat jarang terjadi.


Aman
Linux sebagai turunan dari sistem operasi Unix memang terkenal dengan masalah keamanannya. Berbeda dengan sistem di Windows, di Linux seorang pengguna tidak bisa melakukan apa pun sebatas operasi-operasi yang berhubungan dengan file-file miliknya sendiri. Di Ubuntu,  satu-satunya cara untuk melakukan installasi, menghapus, merename dan menambahkan sesuatu kedalam sistem hanyalah dengan menggunakan perintah sudo, yang dilanjutkan dengan pertanyaan password. Hal ini kelihatannya mulai diimplementasikan di Windows Vista, sayang  implementasinya masih belum sempurna.
Dengan sistem keamanan seperti ini lah, virus (jikalau pun ada) akan sulit hidup di Ubuntu.



Tidak ada Virus 
Salah satu yang membuat pengguna memutuskan untuk menggunakan linux, dalam hal ini Ubuntu, adalah banyaknya virus yang bersliweran di dunia sistem operasi Windows. Karena virus agak sulit hidup di lingkungan Linux, sehinnga linux menjadi pilihan.

Tampilan desktop yang bisa diubah semaunya
Pengguna dengan mudah dapat mengganti tampilan default dari Ubuntu (baik GNOME atau KDE) jika memang tidak menyukainya. 

Update OS dan aplikasinya secara keseluruhan
Windows memiliki Windows Update yang sayangnya hanya mengupdate sistem operasinya dan produk-produk Microsoft lainnya. Sementara di Ubuntu update akan dilakukan tidak hanya pada sistem operasinya tetapi pada seluruh aplikasi yang diinstall menggunakan repository.

Tidak terlalu membutuhkan hardware berspesifikasi tinggi
Ubuntu tidak membutuhkan hardware dengan spesifikasi yang tinggi. Bahkan ada banyak distro turunan Ubuntu yang sengaja dibuat untuk digunakan pada komputer-komputer dengan spesifikasi yang minim.

source :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar