Minggu, 12 Juli 2015

Mengirim Via Bloetooth di Ubuntu

Jika perangkat Bluetooth sudah dikenal dengan baik oleh Ubuntu 14.10, dapat  melakukan pengaitan perangkat Bluetooth, dalam hal ini handphone ke desktop Ubuntu 14.10. setelah terkait, dapat dengan bebas menyalin, menghapus, atau mengubah file-file yang ada dalam memori handphone. Namun, tidak dapat menghapus file system handphone, karena file sudah dikunci dari pembuatnya dan tidak dapat diutak-utik.
 
Untuk mengaitkan dan mengakses perangkat Bluetooth di Ubuntu 14.04 harus menginstall sebuah program yang bernama obexfs. Program ini bertugas melakukan pengaitan dan pelepasan terhadap perangkat bluetootrh di system Ubuntu.
Untuk menginstall program langkah-langkahnya sebagai berikut:
Buka Ubuntu Software Center, dan pada kotak pencarian ketik obexfs
Klik pada Mount filesystem of ObexFTP capable devises, klik Install
Masukkan password jika diminta, dan tunggu sampai proses instalasi selesai.
(gambar)
 
Setelah program obexfs terinstall, dapat melakukan pengaitan terhadap perangkat Bluetooth. Namun, sebelumnya harus mencatat alamat perangkat (MAC Address) Bluetooth dengan benar, karena ini diperlukan dalam proses pengaitan nanti.
Untuk melihat alamat perangkat tersebut, dapat melakukannya dengan klik pada ikon Bluetooth di indicator>preferences
Akan muncul jendela konfigurasi Bluetooth. Pada jendela tersebut pilih salah satu perangkat Bluetooth yang sudah dikenali dengan system Ubuntu 14.04, kemudian catat Addressnya. Address tersebut adalah alamat dari perangkat Bluetooth
 
Setelah program obexfs terinstall dengan benar, dan sudah mendapatkan alamat perangkat Bluetooth. Sekarang bias melanjutkan ke proses pengaitan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Klik ikon Home Folder pada The Launcher untuk membuka home folder
Buat sebuah direktori baru dengan nama bluemont
(gambar)
Buka terminal dengan kombinasi tombol Ctrl+Alt+T pada keyboard
Pastikan Bluetooth di perangkat dan laptop sudah nyala, kemudian klik petikkan 
 
Sekarang sudah dapat mengakses isi dari perangkat bloetooth di directori bluemount yang dibuat tadi. Sekarang sudah dapat melakuakn dengan bebas operasi file seperti copy, move, rename, delete file dalam folder tersebut.
(gambar)
Jiak sudah selesai , sebelum mematikan Bluetooth harus melakukan proses pelepasan unmount terlebih dahulu. Untuk melakukannya denagn mengetikkan
Fusermount  --u  ~/bluemount
Setelah perintah diberikan. Dapat dengan aman mematiakn Bluetooth baik di laptop atau di ponsel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar