Kamis, 13 Maret 2014

Sistem Pengendalian Trolley dan Pencarian Barang Otomatis

Ide saya ini terinspirasi karena sering terjadi tertukarnya trolley pengunjung, yang membawa barang belanjaan pada saat di mall, swalayan atau supermarket.

Ide saya yang pertama yaitu sistem pengendalian Trolley, pada ide ini saya menggunakan transducer yang mengubah sinyal menjadi gerakan., teknologi yang digunakan yaitu dengan Wireless Sensor Network (WSN) dan juga sensor posisi (GPS). Cara Kerjanya yaitu jika kita sedang berbelanja di swalayan / supermarket kita akan mendapatka Trolley dan gelang sensor, dengan wireless sensor network trolley yang kita dapat akan berjalan dengan sendirinya mengikuti kita akibat sinyal yg ditangkap dari gelang sensor yang kita pakai. Sehingga kita tak perlu repot untuk mendorong trolley yang kita bawa.

Ide saya yang kedua adalah Pencarian barang secara otomatis, pada ide ini saya menggunakan transducer yang mengubah sinyal menjadi tulisan/gambar. Teknologinya menggunakan sistem RFID. Cara kerjanya yaitu apabila kita sedang berada di swalayan kita dapat mengatur hp kita yang berbasis Android untuk mengatur swalayan yang sedang kita kunjungi, dengan begitu kita dapat mencari barang dengan hanya mengetik pada layar hp kemudian di layar hp secara otomatis akan muncul tempat barang yang kita cari. Misalnya lantai 2, jalur 4, rak 6. Sehingga kita tidak perlu repot untuk bertanya kepada petugas letak barang yang kita cari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar