Kamis, 10 April 2014

SENSOR THERMAL



Sensor thermal adalah sensor yang digunakan untuk mendeteksi gejala perubahan panas/ temperatur suhu pada suatu dimensi benda atau dimensi ruang tertentu. 

          Sensor Bimetal
Pengertian :
Bimetal adalah sensor suhu atau sensor temperatur yang sangat populer digunakan karena kesederhanaan yang dimilikinya. Bimetal biasa dijumpai pada peralatan listrik seperti setrika listrik dan lampu dimer atau lampu penerangan daya besar. Bimetal adalah sensor suhu yang terbuat dari dua buah lempengan logam yang berbeda koefisien muainya (α) yang direkatkan menjadi satu .

Prinsip Kerja :
Bila suatu logam dipanaskan maka akan terjadi pemuaian, besarnya pemuaian tergantung dari jenis logam dan tingginya temperatur kerja logam tersebut. Bila dua lempeng logam saling direkatkan dan dipanaskan, maka logam yang memiliki koefisien muai lebih tinggi akan memuai lebih panjang sedangkan yang memiliki koefisien muai lebih rendah memuai lebih pendek. Oleh karena perbedaan reaksi muai tersebut maka bimetal akan melengkung kearah logam yang muainya lebih rendah. Dalam aplikasinya bimetal dapat dibentuk menjadi saklar Normally Closed (NC) atau Normally Open (NO). sensor suhu bimetal,sensor temperature bimetal,bimetal,teori bimetal,konsep bimetal,pengertian bimetal,definisi bimetal,aplikasi bimetal,perhitungan bimetal,dasar bimetal,pembuatan bimetal,koefisien bimetal,koefisien muai bimetal,sensor bimetal,penerapan bimetal,aplikasi bimetal sebagai saklar,fungsi bimetal,saklar bimetal,saklar suhu bimetal.



Gambar :


   





Aplikasi : 
Aplikasi bimetal ini terdapat dalam setrika listrik. Dalam setrika listrik terdapat keping bimetal. Cara kerjanya yaitu jika setrika sudah mencapai titik panas maksimum, setrika tersebut akan berbunyi “klik” dan lampu yang terdapat dalam setrika listrik tersebut akan mati, hal ini menunjukkan bahwa termometer bimetal berfungsi sebagai penanda suhu pada setrika listrik. Sehingga setrika yang digunakan denga otomatis mengatur suhu tanpa melampaui batas suhu maksimal.





Ide Pengembangan :
Pendeteksi panas pada cairan ( minyak & air ) dengan menggunakan smartphone.
Prinsip kerja alat ini sederhana hanya membutuhkan smartphone yang di dalamnya telah di pasang bimetal. Alat ini dapat mendeteksi panas yang terkandung pada air atau pun minyak. Jadi kita dapat mengetahui berapa besar panas yang terdapat pada cairan tersebut, dan ketika kita akan menyentuh cairan tersebut kita tidak akan ragu karena sudah terdeteksi besarnya suhu yang terlihat pada smartphone kita. Sehingga, kecelakaan akibat terkena air panas atau minyak panas dapat diminimalkan. Ide ini dapat digunakan misalnya pada saat akan menggoreng dengan minyak yang panas, dengan mudah kita dapat
mengetahui suhu minyak yang kita inginkan dengan pasti tanpa harus menyentuh atau meraba bahwa minyak sudah siap dipakai.
Ide ini juga dapat dikembangkan lagi menjadi pendeteksi panas makanan. Selain cairan dapat juga dipakai sebagai pendeteksi makanan. Jadi kita dapat mengetahui suhu makanan yang akan kita makan dengan mendekatkan makanan dengan smartphone kita. Sehingga kita dapat memakan makanan tanpa rasa kepanasan di lidah kita dan menyebabkan luka di lidah.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar