Minggu, 13 April 2014



Sensor Proximity
Proxymity sensor adalah alat pendeteksi yang bekerja berdasarkan jarak obyek terhadap sensor. Sensor ini digunakan untuk mendeteksi keberadaan suatu object tanpa kontak fisik.

Prinsip kerja :
Seperti yang telah disebutkan diatas, sensor ini bekerja berdasarkan jarak object terhadap sensor, ketika ada object logam yang mendekat kepadanya dengan jarak yang sangat dekat 5 mm misalkan, maka sensor akan bekerja dan menghubungkan kontaknya, kemudian melalui kabel yang tersedia bisa dihubungkan ke perangkat lainnya seperti lampu indikator, relay, dan lain-lain. Pada saat sensor ini sedang bekerja atau mendeteksi adanya logam (besi) maka akan ditandai dengan lampu kecil berwarna merah atau hijau yang ada dibagian atas sensor, sehingga memudahkan kita dalam memonitor kerja sensor atau ketika melakukan preventive maintenace.

Hampir setiap mesin - mesin produksi yang ada di setiap industri, baik itu industri kecil ataupun besar, menggunakan sensor jenis ini, sebab selain praktis sensor ini termasuk tahan terhadap benturan ataupun goncangan, selain itu mudah pada saat melakukan perawatan ataupun penggantian, sebab talah dirancang demikian oleh produsennya, adapun salah satu contoh pengunaan atau penerapan dari sensor jenis ini adalah digunakan untuk mendeteksi gerakan cylinder up atau down pada sebuah mesin atau penggerak.

  

Gambar :


    Aplikasi :

Sensor proximity ini digunakan pada saat menerima tepon atau melakukan panggilan telpon, maka kita akan mendekatkan handphone ke telinga. Pada saat itu secara otomatis fungsi touch-screen akan mati (juga layarnya) sehingga layar tidak merespon kalau terkena telinga atau bagian tubuh yang lain.


Ide pengembangan baru :

Ide saya kali ini tenatang sensor proximity adalah “ pendeteksi warna”. Sesor ini dapat digunakan pada kendaraan seperti mobil, bus dan truck maupun sepeda motor. Sensor ini berfungsi mendeteksi warna garis pada area parkir. Di setiap area parkir resmi ada garis yang tercetak pada jalan yang telah di sesuaikan dengan badan mobil. Cara kerjanya yaitu ketika kita memarkir mobil dan ban mobil menginjak garis pembatas mobil kita akan berbunyi, itu berati mobil kita dalam keadaan miring, tidak sesuai dengan garis yang telah disediakan. Dengan sendor ini dapat sedikit membantu dalam memarkir kendaraan dan tidak perlu memanggil tukang parkir/ jasa valet untuk memarkirkan kendaraan kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar