Senin, 09 Maret 2015

CARA MENGINSTAL VIRTUAL BOX "UNTUK WINDOWS 8 64 BIT "

CARA MENGINSTAL VIRTUAL BOX 
UNTUK WINDOWS 8 64 BIT 


Oracle VM VirtualBox adalah perangkat lunak virtualisasi, yang dapat digunakan untuk mengeksekusi sistem operasi "tambahan" di dalam sistem operasi "utama". Sebagai contoh, jika seseorang mempunyai sistem operasi MS windoes yang terpasang di komputer, maka seseorang tersebut dapat pula menjalankan sistem operasi lain yang diinginkan di dalam sistem operasi MS Windows. 

Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada. Aplikasi dengan fungsi sejenis VirtualBox lainnya adalah VMware dan Microsoft Virtual PC.
Sistem operasi yang dapat menjalankannya antara lain Linux, MAC OS X, Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Solaris dan OpenSolaris. Dan kali ini kita akan membahas untuk menginstal Oracle VM VirtualBox untuk windows 8 64 bit. 

Sebelum mengerti atau mengetahui tentang cara menginstal ini adalah fungsi dari oracle VM Virtual Box diantaranya :

- Mencoba sistem operasi yang berbeda, os utama menggunakan linux sedangkan os virtual                                                         menggunakan windows atau sebaliknya
- Mencoba sistem operasi yang baru rilis, biasanya digunakan untuk melakukan te distro linx terbaru 
-Simulasi jaringan, os utama sebagai client sementara os virtual sebagai server ataupun sebaliknya- Simulasi security computer, os utama sebagai hacker dan os virtual sebagai target

INSTALASI  VM VIRTUAL BOX

Instalasi VirtualBox dapat menggunakan file instalasi (offline) atau secara online. Instalasi online hanya dapat dilakukan untuk hosts Linux. Untuk sistem operasi Windows (32 bit atau 64 bit), download file aplikasi VirtualBox di bagian VirtualBox for Windows hosts. Selanjutnya klik dua kali pada file aplikasi VirtualBox yang telah didownload sebelumnya. 

1. Lihat Pesifikasi pada PC / Laptop yang Anda gunakan terlebih dahulu, yaitu 32 bit atau 64 Bit dengan cara klik start - klik system, lalu akan mencul tampilan sebagai berikut :



2. Setelah mengetahui spesifikasi PC / Laptop yang Anda gunakan kemudia buka file master dari oracle VM VirtualBox yang telah Anda download sebelumnya kemudia klik double pada file tersebut, seperti tampilan berikut :



3. Selanjutnya muncul layar selamat datang dalam proses instalasi VirtualBox. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya seperti tampilan berikut ini :



4. Akan muncul jendela berikutnya yaitu seperti ini, disini akan diterangkan lokasi yang digunakan untuk menginstal aplikasi ini, setelah memastikan letak penginstalan kita dapat menekan Next. 


5. 
Di bagian ini, kita dapat menentukan apakah cara akses VirtualBox secara cepat (shortcut) akan diinstall pada bagian desktop dan Quick Launch Bar. Aktifkan Register file associations agar file dengan ekstensi terkait VirtualBox dikenal oleh sistem operasi. Klik tombol Next untuk proses selanjutnya. 


6. Selanjutnya muncul pemberitahuan, bahwa dalam proses instalasi, interface atau kartu jaringan yang ada pada PC atau Laptop Anda akan dinonaktifkan untuk sementara waktu, namun akan diaktifkan kembali secara otomatis, dengan tambahan kartu jaringan virtual bawaan dari VirtualBox. Klik tombol Yes untuk melanjutkan proses instalasi.


7. VirtualBox sudah memiliki informasi yang diperlukan dan siap untuk diinstall. Klik tombol Install untuk memulai proses instalasi VirtualBox.


8. Pada Windows 8, akan muncul layar pop-up User Account Control yang meminta konfirmasi apakah kita akan menginstall aplikasi VirtualBox ke dalam PC / Laptop Anda. Klik tombol Yes untuk memulai proses instalasi.


9. Proses instalasi dan penyalinan file aplikasi VirtualBox sedang dilakukan. seperti tampilan berikut ini :


10. Tampilan berikutnya yaitu menginformasikan bahwa instalasi VirtualBox sudah selesai dilakukan. Klik tombol Finish untuk keluar dari proses instalasi dan menjalankan aplikasi VirtualBox.


11. ini adalah tampilan layar untuk aplikasi VirtualBox yang baru saja diinstal 


12. Jika ingin membuat file baru klik new pada tampilan layar VirtualBox, kemudian isi nama file, dan pilih versi operasi sistemnya yaitu windows 8 (64 bit) seperti pada tampilan berikut 


13. Layar tampilan berikut adalah untuk membuat Virtual penyimpanan Mechine Klik Next


14. Layar tampilan berikut adalah lanjutan untuk membuat Virtual penyimpanan Mechine Klik create


15. Layar tampilan berikut adalah lanjutan untuk membuat Virtual penyimpanan Mechine  pilih VMDK ( VIRTUAL MACHINE DISK) klik Next


16. Tampilan ini berati sudah terbentuk file yang Anda buat tadi, bernamakan Windows 8. Jika sudah ada sistem operasi guest yang diinstall, maka akan ditampilkan pada layar sebelah kiri. Jika Indikator Running pada  pada sistem operasi guest belum ada menandakan sistem operasi guest belum aktif (power off). Sementara bagian sebelah kanan merupakan informasi tentang sistem operasi guest yang dipilih.


17. Jika Indikator Running pada  pada sistem operasi guest sudah ada menandakan sistem operasi guest sudah aktif (Runnig). Sementara bagian sebelah kanan merupakan informasi tentang sistem operasi guest yang dipilih.


18. Ini adalah tampilan dari VM VirtualBox pada menu Show


19. Ini adalah tampilan layar VM VirtualBox pada menu Setting 


Manfaat Virtualisasi

Berikut ini beberapa manfaat belajar virtualisasi :Bagi orang awam metode virtualisasi dapat dimanfaatkan untuk belajar menginstall sistem operasi tanpa perlu mengubah isi partisi harddiskDapat mencoba-coba sistem operasi tanpa perlu menginstallnya secara permanent kedalam hardisk.Hemat biaya hardware, tak perlu membeli banyak komputer untuk memakai banyak sistem operasi sekaligus.Saat ini, VirtualBox dapat berjalan di Windows, Linux, Macintosh, Solaris hosts serta mendukung sejumlah besar sistem operasi tamu namun tidak terbatas pada Windows (NT 4.0, 2000, XP, Server 2003, Vista, Windows 7), DOS/Windows 3.x, Linux (2.4 and 2.6), Solaris dan OpenSolaris, OS/2, dan juga OpenBSD.Sampai saat ini VirtualBox telah mencapai versi 4.1.2 yang dirilis pada 2011/08/15, untuk detail perbaikan fitur pada versi ini bisa Anda lihat pada menu Changelog. Anda dapat mengunduh VirtualBox versi terbaru, VirtualBox
Fungsi ini sangat penting jika seseorang ingin melakukan ujicoba dan simulasi instalasi suatu sistem tanpa harus kehilangan sistem yang ada.

1 komentar: